Senin, 17 Agustus 2009

Sayangi Bumi: Manfaatkan Barang Plastik Bekas Untuk Pot Tanaman

Barang plastik bekas seperti: ember bocor/pecah, wadah bekas cat dinding baik yang 1 liter, 5 liter atau 1 peil (25 liter), wadah bekas air minum kemasan gelas atau botol, pipa pvc bekas potongan, drum air atau drum plastik bekas mulai dari yang kecil sampai dengan yang 200 liter, dan lain sebagainya, jangan dibuang percuma! Ingat semua sampah berbahan dasar plastik tidak mudah hancur, membutuhkan waktu 200 sampai 400 tahun bagi Bumi untuk mengurai sampah plastik ini. Ayo kita gunakan kembali barang-barang plastik tersebut diatas (kegiatan REUSE), sambil kita kreasikan kembali menjadi pot-pot tanaman yang indah (kegiatan RECYCLE). Dengan demikian sedikitnya kita sudah ambil bagian Gerakan kurangi sampah plastik dan menanam pohon secara massal (GO GREEN), untuk menghijaukan dan memperindah lingkungan dimulai dari halaman rumah masing-masing walaupun sekecil apapun luas halamannya. Jangan ragu, ayo mulai menanam pohon hari ini! Semakin banyak pohon yang ditanam oleh warga Bumi (apalagi dilakukan secara serentak), maka semakin banyak Gas Rumah Kaca CO2 yang dapat kita reduksi, dan juga udara di lingkungan kita semakin segar, karena pohon-pohon yang kita tanam merupakan pabrik Oksigen alami. Kita manfaatkan barang-barang bekas untuk wadah pot tanaman, gunakan media tanam dengan menambahkan pupuk alamiah kompos bekas sampah organik atau pupuk kandang, lalu penyiramannya bisa kita manfaatkan air tadahan hujan, air kolam (jika memelihara ikan dsb) atau air bekas mencuci beras, sayur dan buah.

Penggunaan barang bekas merupakan bagian dari kegiatan 'Sayangi Bumi' dalam rangka memerangi Pemanasan Global yang terjadi saat ini (Fight Global Warming, Save the Earth). Lakukan 3 hal: REUSE, REDUCE, RECYCLE dalam kehidupan sehari-hari, kita harapkan laju kecepatan Pemanasan Global dapat direduksi, agar tercipta lingkungan yang lebih baik, yang dapat kita wariskan kepada anak cucu kita.

Ayo bersama-sama kita 'SAYANGI BUMI'.




Wadah plastik cat kedap air dan potongan pipa pvc sisa proyek bisa dijadikan pot tanaman air



Kaleng cat dinding dan wadah bekas air kemasan bisa dijadikan pot tanaman hias dan pembibitan tanaman



Ember plastik bekas pakai yang bocor atau pecah juga bisa dimanfaatkan untuk pot tanaman hias



Plastik bekas wadah cat dinding isi 5 liter bisa dijadikan pot tanaman hias dengan kreasi memberi sobekan vertikal atau diagonal pada selubungnya sehingga memberikan kesan menarik setelah diisi media tanam seperti tanah



Untuk pohon yang lebih besar bisa memanfaatkan drum plastik 200 liter (drum plastik lebih baik dari pada drum kaleng karena bisa hancur karena karat) yang dibelah dua dan diberikan motif gelombang pada saat pemotongan serta diberi finishing cat besi tempa. Drum bekas sangat cocok dijadikan wadah pot tanaman buah yang dikenal dengan 'tabulampot' (tanaman buah dalam pot).

4 komentar:

  1. lets go green,keep our earth still green
    green my world

    BalasHapus
  2. Semangat terus dan Sayangi Bumi agar Bumi terbebas dari 'sakit' akibat Pemanasan Global !
    Tell everyone to save nature and the environment for the future of our next generation !

    BalasHapus
  3. ass. kang mau nanya kalau tumbuhan air di atas namanya apa?

    BalasHapus